Tentang Positif dan Negatif

Beberapa hari nge-job di Sumatra Utara dengan client bernama xx ini berhasil menambah wawasan dan kosa kata saya di bidang keteknikan. Tentang positif dan negatif.

Yang saya pelajari dari dulu adalah negatif lawan katanya positif. Hahahaha… ya iya dong. Anak kecil juga tau!! Dan seperti itulah kenyataannya. Jadi kalo positif pressure test bekerja dengan memberikan tekanan dari dalam sehingga terjadi differential pressure dimana pressure di dalam batas yang kita test lebih besar dari di luar, sementara negatif pressure test bekerja dengan membuat differential pressure dengan pressure di dalam batas lebih kecil dari luarnya.

Sekian…

Advertisements

Merantau

Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman

Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang

Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan

Berlelah-lelahlah, manisnya hidup akan terasa setelah lelah berjuang

Aku melihat air yang menjadi rusak karena diam tertahan,

jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, keruh menggenang

Singa jika tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa

Anak panah jika tidak tinggalkan busur tidak akan kena sasaran

Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam

Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

Bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum digali dari tambang

Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika di dalam hutan..

-Imam Syafi’i-

Saturday Course (belajar bahasa prancis dari nol koma sekian)

Hujan dan banjir merupakan suatu hal yang harus disikapi dengan sebaik mungkin sebagaimana kejadian dan takdir lain. Fyi, hujan dan banjir di awal januari 2013 ini berhasil melumpuhkan sebagian kawasan industry Pulogadung, termasuk kantor saya,sebut saja PT SGN.

Air dengan ketinggian sekitar 20 cm berhasil memasuki area kantor dan workshop. Walhasil aliran listrik dimatikan dan semua aktivitas lumpuh. Ini membuat 4 hari kerja seperti liburan yang terkungkung. Dipaksa tidak masuk kerja tapi tak bisa berbuat apa-apa. Terlebih lagi, jadwal review saya yang diundur dan jadwal bus ke Jogja yang dibatalkan sepihak oleh Perusahaan Otobus langganan saya. So? What to do?

Image

Continue reading

Rindu dan Gengsi yang Menjulang

Image

Entah ini hanya firasat saya saja atau  memang benar adanya. Kadangkala, hubungan yang terlalu dekat itu membuat rasa gengsi yang tinggi untuk sekedar mengucap sayang ataupun rindu. Kadang kala saya  mengucap kepada teman saya,”Eh, saya rindu kalian!” atau “Eh, kalian ini ngangenin, lho!”

Tapi, kepada saudara sendiri saya hampir tidak pernah mengucap, “ Dik, aku sayaaang banget sama kamu!!” atau sekedar, “Dik, pie kabarmu?”. Dulu, seingat saya sekalipun tidak. Bahkan dengan orang tua sendiri sekalipun. Aneh memang. Kadang, saya sendiri menyesalinya. Continue reading

Sahabat Memang Tak Selalu Bersama

“Anybody can sympathise with the sufferings of a friend, but it requires a very fine nature to sympathise with a friend’s success.”
– Oscar Wilde

 Image

Kemaren malam, saya barusan menonton film 5 cm bersama sahabat dan rekan kerja lama saya (tiok dan afi). Setelah satu garis takdir memisahkan kami, ternyata ada garis takdir lain yang membuat kami bertemu untuk sementara waktu di Balikpapan.

Menonton film ini, mengingatkan saya tentang peristiwa summit attack bersama kawan kawan 10 cm saya di Mahameru sekitar dua tahun yang lalu. Tentang keegoisan, persahabatan, dan sebagian mimpi yang tidak tercapai.

00.00 dini hari rencana semula summit attack dari camp Kalimati.

Continue reading

Liburan yang Batal Tertunda

Ini yang membuat saya sedikit sedih. Sudah direncanakan, sudah bayar, sudah diprepare, dan nama saya sudah tercantum di sini tapi pada akhirnya saya tidak jadi ikut.

Beginilah nasib jadi cowok panggilan. Kalo lagi gak ambil cuti, setiap rencana belum bisa dibilang fix kalo belum terjadi.

Semoga Allah menggantinya dengan ganti yang lebih baik… Welcoming Seruway, insya Allah…

Bismillah

Continue reading

Experiment : Telur dan microwave

Malam ini, secara iseng saya melakukan suatu eksperimen di dapur. Dilandasi hasil medical checkup tahunan kemaren yang menyarankan saya untuk diet low cholesterol, maka saya mencoba mengurangi hal yang berbau gorengan.

Berhubung masih hidup secara sendiri dan rutinitas senin-jum’at yang cukup padat, saya pun harus berpikir solusi praktis, cepat, dan mudah. Saya pun kemudian sejenak melongok ke dapur dan melihat apa-apa yang bisa diutak-atik.

Image

Dapur beserta isinya

Continue reading