Menyusun Itinerary

Setelah tujuan besar ditetapkan, masih banyak pilihan yang terpaksa harus dikorbankan. Untuk memudahkan pengambilan keputusan, akhirnya saya memutuskan untuk membagi perjalanan saya menjadi 3 fase. Fase di Turki, fase di eropa tengah, dan fase di Spanyol yang masing-masing berdurasi 5-6 hari.

Berhubung training saya cukup menyita waktu, akhirnya sampai detik terakhir keberangkatan pun itinerary belum tersusun dengan detil.  Ada hal yang sebenarnya cukup merepotkan dalam menyusun itenarary dalam perjalanan berbudget rendah. Salah satunya mengenai lokasi bandara, hotel, terminal, dan tujuan wisata. Semua harus disinkronkan. Apa lagi kalau waktu yang dipunyai terbatas. Kebanyakan tiket pesawat murah berujung pada bandara antah berantah nan jauh dari pusat kota. Kalo waktu kita terbatas dan penginapan pun jauh, maka waktu kita hanya akan habis di jalan. Namanya sih emang jalan-jalan, tapi itu menyakitkan.. haha.

Tapi beruntung banyak tujuan yang saya pilih kebanyakan menggunakan mode bus yang lokasi keberangkatan dan pemberhentiannya tidak jauh dari tempat yang ingin saya kunjungi. Atas saran seorang teman di Turki yang menyarankan untuk membeli tiket on the spot, maka itinerary saya buat sefleksibel mungkin selama di Turki. Sementara untuk di eropa tengah dan spanyol saya sengaja membeli tiket bus jauh-jauh di awal karena ada tiket dengan harga promo apabila dibeli sebulan-dua bulan sebelum perjalanan.

Perihal hostel, sebenarnya untuk lokasi tertentu, hostel yang tersedia cukup banyak dengan harga yang cukup setara. Untuk kasus demikian kalo saya pribadi tak perlu terburu-buru, karena beberapa sistem booking ada semacam uang dp nya. Kecuali kalau hostel yang tersedia tidak cukup banyak untuk suatu lokasi atau tidak ada semacam system DP,  booking hostel dari jauh-jauh hari pun tak mengapa.

Sebenarnya masih terlalu banyak missing item, but show must go on… Khawatir yang pas dosisnya seringkali bermanfaat untuk menimbulkan rasa kewaspadaan yang tinggi.

 

itinerary

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

