Experiment : Telur dan microwave

Malam ini, secara iseng saya melakukan suatu eksperimen di dapur. Dilandasi hasil medical checkup tahunan kemaren yang menyarankan saya untuk diet low cholesterol, maka saya mencoba mengurangi hal yang berbau gorengan.

Berhubung masih hidup secara sendiri dan rutinitas senin-jum’at yang cukup padat, saya pun harus berpikir solusi praktis, cepat, dan mudah. Saya pun kemudian sejenak melongok ke dapur dan melihat apa-apa yang bisa diutak-atik.

Image

Dapur beserta isinya

Pandangan saya pun tertuju pada sebuah microwave yang hamper tidak pernah saya sentuh sebelumnya. Saya pun jadi kepikiran untuk menggunakannya. Kebetulan microwave bukan termasuk family dari gorengan. Jadi, kenapa tidak dicoba..

Image

Microwave

Begitulah, akhirnya saya mencoba memasak telur dengan microwave. Ternyata hasilnya diluar dugaan saudara-saudara. Hanya dalam 1 menit 20 an detik, terdengar suara ledakan yang cukup keras. Setelah tutup microwave saya buka, telurnya sudah meledak. Wow.. Gak begitu jelas sih kenapa, tapi ini powerfull. Hanya dalam 1 menit 20 an detik, telur pun meledak dalam keadaan matang.

Image

Percobaan 1

Akhirnya, percobaan kedua dilakukan. Saya pun mengurangi waktu pemasakan menjadi 1 menit saja. Setelah  1 menit berlalu, penutup microwave saya buka. Lalu telur itupun saya pindah ke sebuah wadah. Saya pun mencoba untuk mengulitinya. Dengan sedikit ketukan untuk memecah telur tersebut, tiba-tiba telur itu kembali meledak, hahaha.. luar biasa.

Image

Percobaan 2

Saya berkesimpulan  untuk mendiamkan sejenak beberapa menit setelah pemasakan via microwave sebelum saya kupas kulitnya pada percobaan selanjutnya. Sayangnya, stok telur susdah habis. Ya sudahlah, nyobanya lain kali saja :D. Akhirnya, kepikiran juga buat ngemicrowave yang lain…

Hasilnya kali ini memuaskan.. ini dia :

Image

Percobaan dengan sampel yang lain

3 nugget di sebelah kanan adalah yang telah di masukkan ke microwave selama 1 menit sedangkan 1 yang dikiri belum diapa-apakan. Efeknya teksturnya jadi lebih alot dibanding bila digoreng.. Yet, I don’t know how it works in detail.

  1. kenapa telurnya ga digodog aja mas? yg penting bukan digoreng kan :/

      • fajarbs
      • November 9th, 2012

      Kalau digodog lama fay,, kudu nunggu air mendidih dulu terus matengnya juga agak lama. 10 menitan lebih kayaknya… hehe

    • dzikrina
    • November 9th, 2012

    waah, lucu :)) aq dulu percobaannya masak nasi pakai microwave dan berhasil 😀 intinya kalau masak pakai microwave harus ditambah air, misale nek telur ya diceplok, tambahkan air (ples bumbu) baru masuk microwave nya…. coba browsing resep “steamed egg microwave”… gud luck dgn dietnya!

      • fajarbs
      • November 9th, 2012

      wow,, telur diceplok terus dimasukin microwave,,, ide bagus untuk experiment selanjutnya. Menanak nasi? wew,, emang enak ya? tapi kayaknya patut dicoba juga.. Sapa tau save time a lot dibanding cara konvensional. Yang aku salut dari mocrowave, adalah singkatnya waktu memasak.. Praktis… Cocok buat orang yang males masak dan sok sibuk kayak aku.. hehehe..
      Anw, makasih sharenya.. 😀

    • yeyy saya juga suka masak nasi pake microwave, terutama pas travelling, tapi kudu pilih wadah yang microwave save lo..

        • fajarbs
        • February 10th, 2013

        emange pas travelling gawa microwave, Vi? ada edisi portabel e po? hahaha

      • doh, kan di hostel rata-rata ada, gampang sih nyari microwave

      • duohhh, maksudnya nyarinya yang gampang, rata-rata hostel menyediakan 😀

        • fajarbs
        • May 25th, 2013

        oalah… hahaha.. ok dimengerti… Rung tau ngalamin sing nganti masak masak ngunu sih.. hehehe

  2. Alhamdulillah punya istri, eh *tiba-tiba ra nyambung* XD
    Btw gayamu tetep kocak Jar! :))

  3. Hmm…Kalo ngrebus telor pake microwave gmn yo? Telornya ga usah diceplok, tapi langsung dimasukin wadah isi air terus dimasukin microwave…Jadi microwave gantinya kompor…

  4. Jar jar, aku nemu video ini, trus inget postingan blogmu.. hahahah

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

